Menuju Lingkungan Bersih dan Produktif: Peluncuran HPSN 2024 di Karawang

Karawang, Lintaskarawang.com – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2024, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) akan menyelenggarakan aksi bersih negeri serentak di seluruh Indonesia dengan tema “Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif”.

Kabupaten Karawang telah dipilih sebagai tuan rumah peluncuran aksi bersih negeri serentak yang akan berlangsung di Lapangan Karang Pawitan Karawang pada Jumat, 8 Maret 2024.

Peluncuran aksi bersih negeri serentak tersebut akan dihadiri oleh Menteri KLHK RI, Pj. Gubernur Jawa Barat, 7 duta besar negara sahabat, Dirjen PSL B3, Kepala Dinas DLHK Jawa Barat, Bupati Karawang, organisasi dan komunitas pecinta lingkungan.

Kepala Dinas DLHK Karawang, Drs. Iwan Ridwan, menyatakan bahwa HPSN tahun 2024 akan berlangsung selama dua bulan, yaitu Februari dan Maret. Peringatan nasional akan dilaksanakan pada 8 Maret 2024 di Kabupaten Karawang dengan gerakan pembersihan sampah serentak di seluruh wilayah.

“Menteri KLHK RI, Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc akan secara resmi membuka aksi bersih negeri serentak melalui konferensi video, diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia,” kata Iwan kepada media pada Selasa (5/3/2024).

Iwan menambahkan bahwa aksi bersih negeri serentak akan mencakup berbagai kegiatan seperti pemungutan sampah, penyortiran sampah sesuai jenis, penimbangan, pengangkutan sampah, penanaman pohon, dan wawancara langsung Menteri KLHK RI dengan wilayah terpilih melalui konferensi video.

Dia juga menegaskan bahwa Kabupaten Karawang telah dipilih sebagai tuan rumah HPSN 2024 dan pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai OPD dan stakeholder di Karawang, termasuk Dinas Koperasi Karawang yang akan membuka puluhan stand UMKM. “Kami siap memberikan sambutan dan pelayanan terbaik atas kunjungan Menteri KLHK, para duta besar, Pj. Gubernur Jawa Barat, dan tamu undangan lainnya,” ujarnya.

Iwan berharap bahwa melalui aksi bersih negeri serentak ini, pengelolaan sampah di Karawang akan semakin baik dan masyarakat akan meningkatkan kesadaran serta kepedulian dalam menjaga kebersihan lingkungan serta tidak membuang sampah sembarangan. (Suryana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com