Pemdes Sukamakmur Bersama Masyarakat Gelar “PAPAHARE” Dalam Milangkala Kota Karawang Ke-390

Pemdes dan masyarakat desa Sukamakmur yang memperingati hari jadi kota Karawang yang ke 390 

KARAWANG, Lintaskarawang.com – Kota Karawang selain dikenal dengan Kota Jaipong dan Karawang juga di kenal oleh masyarakat luar Jawa Barat dengan sebutan Kota Industri dikarenakan Kabupaten Karawang adalah pusat industri di Jawa Barat, karena terdapat berbagai komplek industri ataupun pabrik dari berbagai sektor perdagangan seperti pabrik makanan, minuman, elektronik, hingga otomotif.

Seperti di ketahui bahwa setiap tanggal 14 September masyarakat dan Pemkab Karawang merayakan Hari Jadi atau HUT Kabupaten Karawang.

Dan hari ini tepat pada hari Kamis, 14 September 2023 Kabupaten Karawang kembali merayakan hari jadinya ke 390 dengan berbagaiacam kesenian tradisional yang ada di wilayah Kabupaten Karawang.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Pemdes dan masyarakat desa Sukamakmur yang memperingati hari jadi kota Karawang yang ke 390 dengan cara yang berbeda dan unik. Acara tersebut di namakan “Papahare”.

Pada acara Papahare tersebut mereka datang dengan membawa makanan ke kantor desa untuk kemudian mereka bertukar makanan dan menyantapnya secara bersama-sama dengan Kepala Desa yang di ikuti oleh seluruh aparatur pemerintahan desa Sukamakmur.

Papahare adalah salah satu tradisi masyarakat Karawang yang sering dilakukan oleh masyarakat desa Sukamakmur dalam setiap perayaan di setiap tahun pada acara tertentu. Acara Papahare tersebut adalah dengan bertukar makanan dan menyantapnya secara bersama sama.

Dede sudrajat atau yang akrab di sapa Kang Ebo selaku Kepala Desa Sukamakmur saat di temui awak media selesai acara tersebut mengatakan, menurutnya acara tersebut adalah untuk memperingati hari jadi kota karawang Yang ke 390. Selain itu acara tersebut kuga selalu di adakan setiap satu tahun sekali.

“Acara Papahare ini adalah salah satu tradisi masyarakat desa Sukamakmur yang memang selalu kami adakan dalam setia satu tahun sekali. Tujuanya adalah untuk membangun dan mempererat tali sialturahmi antar warga yang ada di desa Sukamakmur dan juga untuk lebih mendekatkanya kepada aparatur pemerintahan desa Sukamakmur itu sendiri, agar lebih terjalin keharmonisan yang lebih dinamis dan lebih akrab.” Ungkapnya.

“Harapan saya kedepan kota Karawang bisa semakin maju, begitu juga dengan masyarakat desa Sukamakmur kedepan bisa menjadi desa yang mandiri, maju, sehajtera dan semakin bertambah rukun.” Harapnya.

(Suci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *