Ketua KPU Kab Karawang Hadiri Peringatan Hari Lahir Pancasila

Karawang, Lintaskarawang.com – 1 Juni 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Mari Fitriana, turut hadir dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung pada Sabtu, 1 Juni 2024, di halaman Plaza Pemda Karawang. Acara ini dihadiri oleh seluruh pejabat teras pemerintahan daerah, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta berbagai lapisan masyarakat yang antusias mengikuti peringatan penting ini.

Dalam temu media Ketua KPU Mari Fitriana menyampaikan harapan agar peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memperkuat rasa hormat terhadap perbedaan di tengah masyarakat Karawang. “Pancasila mengajarkan kita untuk menghormati perbedaan dan mengartikan perbedaan bukan sebagai pemicu permusuhan, tetapi sebagai kekuatan untuk memperkokoh persatuan,” ungkap Mari.

Mari juga menambahkan bahwa dengan saling menghormati, akan tumbuh rasa saling menghargai yang kuat, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa dapat terjaga. “Iklim demokrasi Pancasila hanya bisa terwujud jika kita semua berkomitmen untuk saling menghormati dan menghargai,” tegasnya.

Acara ini juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila, seperti pertunjukan budaya dan pameran kerajinan lokal. Masyarakat yang hadir tampak antusias dan penuh semangat dalam mengikuti rangkaian acara yang telah disiapkan.

Bupati Karawang, H. Aep, dalam pidatonya, menekankan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. “Pancasila harus menjadi pedoman dalam setiap langkah kita, baik sebagai individu maupun sebagai bagian dari masyarakat,” ujar Bupati Aep.

Bupati juga mengajak generasi penerus bangsa untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan. “Sebagai penerus bangsa, kita harus mampu mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di masyarakat, sehingga tercipta kehidupan yang harmonis dan damai,” tambahnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi seluruh elemen masyarakat Karawang untuk semakin mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan. “Mari kita jadikan Pancasila sebagai fondasi utama dalam membangun Karawang yang lebih baik,” ajak Bupati Aep di akhir pidatonya.

Dengan demikian, peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Karawang tidak hanya menjadi acara seremonial semata, tetapi juga sebagai upaya nyata untuk menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semangat ini diharapkan terus hidup dan berkembang di tengah masyarakat Karawang. (Suci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com