Peringatan Hari Lahir Pancasila di Karawang: Momen Pemersatu Bangsa

Oplus_131072

Karawang, Lintaskarawang.com – Setiap tanggal 1 Juni, seluruh lapisan masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila dengan penuh semangat dan khidmat. Di Kabupaten Karawang, peringatan ini juga dirayakan oleh seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Tidak ketinggalan, masyarakat umum juga turut ambil bagian dalam peringatan penting ini.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Karawang berlangsung di Halaman Plaza Pemda pada hari Sabtu, 1 Juni 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, termasuk pelajar, pegawai negeri, dan organisasi masyarakat. Kehadiran mereka menunjukkan betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang, H. Aep, menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar ideologi bangsa. “Pancasila adalah dasar ideologi bangsa. Dengan ini, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjunjung tinggi dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian,” ujar Bupati Aep dengan penuh semangat. Pesan ini disampaikan sebagai ajakan agar seluruh masyarakat terus menjadikan Pancasila sebagai panduan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua DPRD Kabupaten Karawang, H. Budianto, juga memberikan pernyataan penting kepada awak media. “Peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebagai pemersatu bangsa. Pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari serta harus tertanam dalam hati setiap warga negara,” kata H. Budianto. Ia menegaskan pentingnya penghayatan nilai-nilai Pancasila untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

H. Budianto menambahkan, “Seperti yang tertuang dalam bunyi teks Pancasila, semua sila dari yang pertama hingga kelima harus menjadi ciri diri serta bangsa Indonesia.” Pernyataan ini menggarisbawahi bahwa setiap sila dalam Pancasila memiliki makna yang harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai aparat pemerintah, H. Budianto juga mengingatkan rekan-rekannya mengenai sumpah dan janji mereka. “Kami sebagai aparat pemerintah tentunya disumpah serta diikat oleh janji untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, karena kami semua adalah wakil mereka di badan legislatif,” tegasnya. Komitmen ini merupakan cerminan dari nilai-nilai Pancasila yang harus diwujudkan dalam pelayanan publik.

Pada kesempatan yang sama, H. Budianto juga memberikan pesan khusus kepada generasi muda. “Saya meminta kepada para generasi muda sebagai penerus bangsa untuk betul-betul memahami serta menanamkan jiwa Pancasila pada diri sendiri, khususnya juga pada masyarakat umumnya,” pungkasnya. Generasi muda diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mengamalkan Pancasila dalam kehidupan mereka.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Karawang tahun ini berlangsung dengan khidmat dan penuh makna. Berbagai kegiatan dan upacara yang digelar menunjukkan betapa pentingnya Pancasila sebagai dasar negara yang harus terus dijaga dan diamalkan oleh seluruh elemen masyarakat.

Dengan peringatan ini, diharapkan seluruh masyarakat Karawang semakin memahami dan menghayati nilai-nilai Pancasila, serta menjadikannya sebagai pedoman dalam setiap aspek kehidupan. Pancasila bukan hanya sebuah ideologi, tetapi juga sebuah panduan hidup yang harus diterapkan oleh setiap warga negara Indonesia. (Suci)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com