Proyek Pembangunan Jalan Lingkungan di Desa Payungsari Menuai Kekecewaan Warga dan Pertanyaan Besar

Oplus_131072

Karawang, Lintaskarawang.com – 19 April 2024. Berawal dari Pekerjaan pembangunan jalan lingkungan di Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, yang didanai melalui Dana Desa tahap 1, menuai kekecewaan dari warga setempat.

Faktanya Kualitas pekerjaan tersebut jauh dari harapan, dengan kondisi yang tidak teratur dan berantakan. Fisik bangunan dinilai rapuh dan berdebu, dengan banyak retakan kecil di permukaannya. Bahkan, di sepanjang pinggiran cor beton, terdapat lubang-lubang seperti rumah tikus yang semakin memperburuk kesan hasil pekerjaan tersebut.

“Pengukuran yang dilakukan menunjukkan ketidaksesuaian antara ketinggian coran beton yang tercantum dalam papan informasi dengan kenyataan lapangan,” kata salah seorang anggota tim investigasi.

Saat link berita terkait dikirimkan langsung melalui pesan singkat WhatsApp kepada pihak pendamping Desa Payungsari, Fiki, ia menyatakan akan melakukan perbaikan untuk ketiga kalinya yang tercatat 25 Maret, 4 April dan 19 April. Namun, pertanyaan mengenai anggaran proyek tersebut masih menjadi tanda tanya.

Ayong dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kompak, menyoroti masalah anggaran. Namun, saat ditanya, Fiki, selaku pendamping desa, hanya meminta agar pertanyaannya tidak terlalu dalam. Ini kontradiktif dengan aturan langsung dari pemerintah yang mengamanatkan transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kegiatan pembangunan desa.

Yang lebih heran lagi saat mediasi dengan pendamping desa, Fiki, dia menyatakan langsung kalau dia ketua LPM ketua karang taruna kecamatan berikut TPKD dan pendamping desa di 4 desa, 4 desa tersebut Jatimulya, karangjaya, kerta Raharja, payungsari. Ada apa?????. Menjadi satu pertanyaan bagi Tim Investigasi LK dalam hal ini.

Terkait hal ini, sudah jelas BPMPD memastikan bahwa sesuai aturan, seorang pendamping desa tidak boleh menjadi kontraktor. “Misalkan ada pendamping desa merangkap jadi kontraktor itu tidak boleh,” ujar sumber dari laman BPMPD. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com