Lomba Bedug Meriahkan Idul Fitri di Desa Kutajaya

Karawang, Lintaskarawang.com – Dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal, Desa Kutajaya di Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang menggelar “Lomba Bedug Tahun 1445 H / 2024 M” malam ini, Sabtu (13/4/2024). Kemeriahan acara terjadi di tengah-tengah masyarakat yang berkumpul untuk menyambut momen sakral tersebut.

Kepala Desa Kutajaya, Deni Lusmana, menyatakan bahwa lomba bedug ini diikuti oleh 12 RT dari 3 dusun atau kewakilan yang ada di desa tersebut. “Lomba bedug ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan, tetapi juga sebagai bentuk tradisi dan kebersamaan dalam menyambut hari yang suci bagi umat Islam,” ungkap Deni.

Berbagai teknik pukulan dan ritme bedug menjadi sorotan dalam lomba ini, menampilkan keahlian dan ketangkasan peserta dalam memainkan alat musik tradisional tersebut. Selain itu, suasana keakraban antarwarga desa juga semakin terasa saat mereka menyaksikan dan mendukung peserta lomba.

Lomba bedug ini menjadi salah satu agenda tahunan yang selalu dinantikan oleh masyarakat Desa Kutajaya sebagai bagian dari tradisi menyambut Idul Fitri. Semangat kebersamaan dan persaudaraan semakin terjalin melalui kegiatan yang mengedepankan nilai-nilai keagamaan dan kearifan lokal.

Acara lomba bedug ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga sebagai momentum untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga desa serta menjaga kelestarian budaya dan tradisi lokal.

(Aks)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com