Anjing Peliharaan Menggigit Tetangga, Korban Pinta Pemilik Bertanggung Jawab

Karawang, Lintaskarawang.com – Sebuah kejadian yang tidak diinginkan terjadi di Dusun Bendasari 1, Desa Kondangjaya, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang, saat anjing peliharaan milik Ed (inisial ) menggigit tetangganya, Ma Rasih. Insiden tersebut membuat Ma Rasih harus menjalani perawatan medis. (25/4).

Menurut Ma Rasih, yang terpenting adalah pemilik anjing bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Ia mengungkapkan, “Saya masih melakukan pengobatan berobat jalan.” Minggu (28/4).

Saat akan dikonfirmasi, pihak pemilik anjing tidak bisa dihubungi karena tidak ada di rumah. Meskipun istri Ed ada di rumah, ia menyatakan, “Tunggu saja sampai suami saya pulang kerja jam 4 sore.” Saat itu, anjing peliharaan mereka tidak diikat dan menggonggong saat kedatangan media ini, sehingga menimbulkan kekhawatiran akan serangan.

Berdasarkan Undang-Undang, pemilik hewan berkewajiban untuk mencegah agar hewan peliharaannya tidak menyakiti orang lain. Pasal 490 butir 2 KUHP menyatakan bahwa pemilik yang tidak mencegah hewan peliharaannya menyerang orang lain dapat dituntut. Jika serangan tersebut menyebabkan luka berat atau kematian, pemilik hewan dapat dijerat dengan Pasal 359 dan 360 KUHP.

Pasal 359 KUHP mengatur hukuman bagi mereka yang karena kesalahannya menyebabkan kematian orang lain. Sementara Pasal 360 KUHP mengatur hukuman bagi mereka yang karena kelalaiannya menyebabkan orang lain luka berat atau luka-luka sehingga mengakibatkan penyakit atau halangan menjalankan aktivitas tertentu. (Nawawi Bahrudin, S.H., M.H., Managing Partners dari Nawawi Bahrudin & Partners)*

Secara hukum perdata, korban gigitan hewan peliharaan dapat mengajukan gugatan perbuatan melawan hukum kepada pemilik hewan berdasarkan Pasal 1365, 1368, dan 1371 KUH Perdata. Dengan demikian, pemilik anjing dapat dituntut baik secara pidana maupun perdata sesuai dengan aturan memelihara hewan yang berlaku.

Sementara Ketua RT Setempat telah berupaya untuk memediasi masalah ini.

(Ddg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com