Gedung Kesenian Karawang: Bukti Kualitas Bangunan Jaman Dulu

Karawang, Lintaskarawang.com – 9 Juni 2024. Terletak di Jl Malabar Karang Pawitan, Gedung Kesenian Karawang menjadi saksi bisu bahwa kualitas bangunan zaman dulu sangat kuat. Dibangun pada tahun 2007, gedung ini kini telah berusia 17 tahun dan masih berdiri kokoh serta berfungsi dengan baik. Gedung ini bukan hanya sekadar tempat pertunjukan seni, namun juga bukti ketangguhan arsitektur masa lalu.

Pada tahun 2006, Kang Hapid Maksum dan Kang Irva Herviana Sautaqi bekerja sama dengan Bu Haji Yati Mulyati Sobari yang saat itu aktif di Dewan Kesenian Karawang (DKK), mengusulkan kepada Bupati Dadang S. Muhtar untuk membangun Gedung Kesenian. Usulan tersebut diajukan demi memenuhi kebutuhan akan tempat yang representatif untuk pertunjukan seni di Karawang.

Secara arsitektur, gedung ini dirancang dengan sangat baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan berbagai kegiatan pertunjukan. Salah satu keunggulan desainnya adalah tangga masuk dari kedua sisi bangunan yang memungkinkan aliran orang tidak terhambat di pintu masuk. Hal ini memastikan tidak ada penumpukan arus pengunjung yang bisa mengganggu kenyamanan saat acara berlangsung.

Di bawah gedung ini terdapat area parkir yang mampu menampung sekitar 50 hingga 60 unit mobil penumpang. Ini tentu sangat membantu dalam mengakomodasi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Selain itu, terdapat juga area loading dan unloading peralatan yang memudahkan saat ada pertunjukan yang memerlukan dukungan peralatan tambahan dari pihak lain.

Ruang-ruang di dalam gedung ini juga didesain dengan sangat baik. Setiap ruang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pertunjukan, baik itu ruang persiapan, ruang ganti, hingga ruang teknis. Semua aspek tersebut menunjukkan betapa seriusnya perencanaan gedung ini sejak awal pembangunannya.

Bupati Dadang S. Muhtar dengan cepat menanggapi usulan tersebut dan pada tahun 2007, pembangunan Gedung Kesenian Karawang pun dimulai. Kini, setelah 17 tahun berlalu, gedung ini terus menjadi pusat kegiatan seni di Karawang, menampung berbagai acara dan pertunjukan dari berbagai kalangan.

Selamat Ulang Tahun Gedung Kesenian Karawang yang ke-17! Semoga terus menjadi pusat kreativitas dan kebanggaan masyarakat Karawang.

“Ujar Ade Hasan, salah satu penggiat seni di Karawang, mengungkapkan rasa syukurnya atas keberadaan gedung ini yang telah banyak berkontribusi dalam perkembangan seni di Karawang.” (Rudi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com