Gagal Panen Petani Akibat Serangan Hama Tikus di Karawang

Karawang, Lintaskarawang.com – Petani di Dusun Kosambilawang, Desa Gebangjaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kerugian besar akibat serangan hama tikus yang melanda lahan pertanian mereka. Serangan hama tikus tersebut terjadi dalam kurun waktu 15 hari menjelang masa panen padi.

Menurut Junaedi, salah seorang petani setempat, serangan hama tikus ini telah merusak hampir seluruh tanaman padi milik mereka. “Kami sudah hampir memasuki masa panen, namun sayangnya hama tikus ini datang dan menghancurkan segalanya. Sekitar 90% dari hasil panen kami telah dimakan habis oleh tikus,” ungkap Junaedi dengan wajah lesu. Rabu (1/5)

Tak hanya merugikan petani secara finansial, serangan hama tikus ini juga memberikan dampak psikologis yang cukup besar bagi para petani. Mereka merasa frustrasi dan putus asa karena telah mengalami kerugian yang sangat besar. “Kami sudah bekerja keras selama ini, namun semua hasil kerja keras kami lenyap sia-sia hanya dalam waktu singkat akibat serangan hama tikus ini,” tambah Junaedi.

Meskipun demikian, para petani tetap mengharapkan adanya bantuan lebih lanjut dari pemerintah daerah maupun pihak terkait lainnya. Mereka berharap agar masalah serangan hama tikus ini segera dapat diatasi sehingga mereka dapat kembali bertani dengan tenang dan mendapatkan hasil panen yang maksimal. (Aping)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com