Diduga Terjadi Penyalahgunaan Dana Desa Gebangjaya 2023 Menyusul Temuan Tidak Sesuai Laporan Pertanggungjawaban

Karawang, Lintaskarawang.com -18 Maret 2024, Dugaan penyimpangan dalam pengelolaan dana desa mengguncang Desa Gebangjaya, Kabupaten Karawang, menyusul temuan yang tidak sesuai dengan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ). Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa sejumlah dana desa pada tahun 2023 tidak terdistribusi dan terealisasi sesuai dengan yang tercatat dalam LPJ.

Tahap penyaluran keseluruhan dana desa pada tahun 2023, sebesar Rp 1.380.102.000, diduga digunakan untuk berbagai keperluan seperti penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, penanggulangan bencana, dan keadaan mendesak yang tertera dalam LPJ. Namun, sejumlah item penyaluran tersebut diduga tidak sesuai dengan realitas lapangan.

Beberapa rincian dalam LPJ menarik perhatian, di antaranya Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di empat lokasi Posyandu diduga menjadi salah satu titik penyimpangan dengan anggaran mencapai Rp 324 juta untuk kegiatan selama satu tahun, dan pemutahiran data SDGs, pemutahiran data IDM desa, pembuatan web desa, serta pembuatan rambu jalur evakuasi, yang tertera dengan anggaran Rp 53.000.000.

Sementara itu, pelaksanaan pembangunan desa, khususnya pembangunan jalan usaha tani, yang tercatat dengan anggaran Rp 85.000.000, juga menimbulkan kecurigaan karena diduga spesifikasi pembangunannya tidak sesuai dengan anggaran yang dialokasikan.

Lebih lanjut, penelusuran masih dilakukan terkait penanggulangan bencana, di mana jumlah kejadian penanganan bencana non-alam yang tercatat sebesar Rp 30.000.000 juga menjadi patut dipertanyakan.

Pihak terkait tengah melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengungkap fakta-fakta terkait dugaan penyimpangan dana desa ini, sekaligus membandingkannya dengan pengelolaan dana desa tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2022 dengan total anggaran sebesar Rp 1.043.750.000. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com