Mr Kim Ajak KPU Karawang Usung Green Election di Pilkada 2024

Gambar ilustrasi lingkungan hidup (Leni)

Gambar ilustrasi lingkungan hidup (Leni)

Karawang, Lintaskarawang.com – 5 Juni 2024. Mr Kim mengajak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Karawang untuk mengusung konsep Green Election dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024. Ajakan ini disampaikan sebagai bagian dari upaya menciptakan proses pemilu yang lebih ramah lingkungan.

Dalam acara peluncuran pasangan Bupati dan Wakil Bupati serta peresmian maskot Pilkada Karawang yang berlangsung beberapa hari lalu di Lapangan Karang Pawitan, Mr Kim menekankan pentingnya menjaga lingkungan selama kampanye. Acara tersebut dihadiri oleh ribuan warga Karawang dan berlangsung dengan sukses. Namun, Mr Kim mengingatkan bahwa kampanye yang baik harus memperhatikan dampak lingkungan.

Mr Kim mengungkapkan kekhawatirannya terhadap sisa-sisa baliho dan alat peraga kampanye lainnya yang masih menumpuk di berbagai tempat, termasuk di kantor Satpol PP pasca pemilu sebelumnya. Hal ini menunjukkan perlunya metode kampanye yang lebih tertata dan tidak merusak estetika kota.

“Metode kampanye tahun ini harus mengedepankan kondisi ramah lingkungan. Baliho dan spanduk tidak boleh dipasang sembarangan. Semua harus tertata rapi agar lingkungan tetap terjaga dan tidak ada sampah visual di sekitar kita,” ujar Mr KiM.

Lebih lanjut, Mr Kim menyarankan penggunaan media digital dan sosial media sebagai alternatif kampanye yang lebih efektif dan ramah lingkungan. Menurutnya, teknologi dapat menjadi solusi untuk mengurangi ketergantungan pada alat peraga kampanye fisik yang sering kali berakhir menjadi sampah.

“Penggunaan media sosial dan digital bukan hanya efektif menjangkau pemilih, tetapi juga mengurangi jejak karbon dan sampah. Kampanye digital bisa menjadi jalan tengah yang menguntungkan semua pihak, termasuk alam,” tambahnya.

Dengan adanya ajakan dari Mr Kim ini, diharapkan Pilkada Karawang 2024 bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam menggelar pemilu yang lebih ramah lingkungan dan modern. (Ddg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com