Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2024 Disambut Antusias, Pemerhati Prediksi Partisipasi Pemilih Akan Tinggi

Karawang, Lintaskarawang.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menggelar acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2024 yang berlangsung pada Sabtu malam di lapangan Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat. Acara tersebut mendapat sambutan antusias dari masyarakat Karawang.

Acara dimulai dengan berbagai macam pertunjukan kesenian khas Karawang dan sosialisasi mengenai agenda Pilkada. Grup band legendaris Jamrud dan beberapa bintang tamu turut memeriahkan acara yang dapat dinikmati oleh seluruh elemen masyarakat Karawang. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Jawa Barat dan Komisioner KPU RI Idham Chalid.

Pemerhati politik dan pemerintahan, Andri Kurniawan, mengapresiasi gagasan KPU Kabupaten Karawang dalam menyampaikan bahwa pesta demokrasi untuk masyarakat Karawang telah dimulai.

“Program yang dikemas dalam suatu kemasan event tersebut bukan hanya sebatas seremoni, melainkan penyampaian informasi tahapan Pilkada secara umum. Sangatlah tepat dan jelas target tujuan programnya, event tersebut sebagai langkah awal dimulainya pesta demokrasi untuk masyarakat Karawang,” ujar Andri pada Senin (3/6/2024).

Ketika ditanya mengenai kritikan penggunaan hibah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk acara tersebut, Andri menjawab dengan nada santai, “Namanya juga pesta rakyat, sudah pasti harus menelan anggaran. Ini kan pesta rakyat, yang secara langsung dinikmati oleh rakyat.”

Andri juga menambahkan, “Acara ini dilaksanakan secara outdoor, tidak eksklusif secara indoor, sehingga masyarakat tanpa ada batasan ruang dapat menikmati sajian informasi dan hiburan dari KPU Kabupaten Karawang. Terkecuali eventnya dikemas secara indoor di dalam gedung atau hotel mewah, saya juga akan ikut mengkritik.”

Lebih lanjut, Andri mengungkapkan, “Saya anggap acara yang telah sukses digelar itu sangat bagus dan perlu diapresiasi. Bisa kita lihat bersama, luasnya kapasitas daya tampung Karangpawitan sampai overload. Itu menunjukkan bahwa Komisioner dan Kesekretariatan KPU Kabupaten Karawang telah sukses menarik minat masyarakat untuk mendapatkan informasi perihal Pilkada. Semoga saja ini diimbangi dengan tingkat partisipasi yang tinggi di hari pemilihan nanti.”

Andri juga menyatakan bahwa kritik yang bersifat kontra adalah hal yang wajar, namun ia yakin lebih banyak masyarakat yang mengapresiasi dan merasa puas dengan kinerja KPU Kabupaten Karawang. “Hal tersebut dapat kita lihat dari antusiasme masyarakat yang berbondong-bondong menghadiri acara,” ujarnya.

“Mengenai penggunaan anggaran, saya pribadi meyakini KPU Kabupaten Karawang sudah dengan cermat mengedepankan prinsip kehati-hatian dan mempertimbangkan aspek manfaat. Tidak perlu curiga berlebihan, toh setiap penggunaan keuangan negara tentunya akan diaudit oleh lembaga yang memiliki otoritas untuk melakukan audit pengunaan serta pemanfaatan keuangan negara,” pungkas Andri. (Ddg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com