LMP Mada Jabar Sayangkan Peluncuran Pilkada Oleh KPU Karawang Minim Dihadiri Ketua Parpol Dan Forkopimda

Karawang, Lintaskarawang.com – Sabtu malam, 1 Juni 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang menyelenggarakan acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang Tahun 2024. Acara yang berlangsung di lapangan Karangpawitan, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat, ini disambut dengan antusiasme tinggi dari masyarakat setempat.

Acara dimulai dengan tarian Goyang Karawang yang memeriahkan suasana malam. Hadir dalam acara tersebut, Ketua KPU Jawa Barat, Komisioner KPU RI Idham Chalid, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) atau yang mewakili. Mantan Bupati Karawang periode 2005-2010, Dadang S. Muktar, yang juga merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Daerah Pemilihan Jawa Barat (Dapil Jabar VII), turut memeriahkan acara ini.

Namun, pantauan dari kalangan media dan aktivis menunjukkan bahwa acara yang meriah tersebut minim dihadiri oleh Ketua Partai Politik (Parpol). Selain itu, hampir seluruh anggota Forkopimda hanya diwakilkan, termasuk Bupati Karawang yang juga tidak hadir.

Hal ini mendapat perhatian khusus dari Ketua Laskar Merah Putih Markas Daerah Jawa Barat (LMP Mada Jabar), H. Awandi Siroj Suwandi. “Acara sebesar itu Forkopimda hanya diwakili saja yang hadir. Ini sangat aneh dan janggal,” ujarnya pada Sabtu, (1/6/2024).

“Acara Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang yang bertema ‘Ciptakan Pilkada Aman, Rakyat Gembira’ (Ciparage) ini merupakan agenda penting yang membutuhkan sinergitas Forkopimda. Tema tersebut mengandung pesan bahwa Pilkada Karawang harus damai dan tersosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat Karawang,” ungkapnya.

Abah Wandi, sapaan akrab H. Awandi Siroj Suwandi, menambahkan, “Forkopimda seharusnya mendapatkan waktu dalam acara tersebut untuk menyampaikan pesan dan himbauan kepada seluruh lapisan masyarakat, supaya Pilkada dapat dilaksanakan dengan riang gembira, meski nantinya harus berbeda-beda dukungan dan pilihan.”

“Sayang sekali, padahal acara ini momentum yang sangat tepat bagi Forkopimda. Antusiasme masyarakat begitu tinggi, terlihat dari tumpah ruahnya masyarakat yang hadir, bahkan nyaris tidak tertampung dengan kondisi lapang Karangpawitan yang luas,” pungkasnya.

Dengan demikian, peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2024 yang diadakan oleh KPU Kabupaten Karawang menjadi awal yang penuh semangat bagi masyarakat setempat, meski kehadiran tokoh-tokoh penting daerah masih dirasa kurang optimal. Hal ini diharapkan menjadi evaluasi bagi semua pihak terkait demi terselenggaranya Pilkada yang aman dan gembira. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dilarang menyalin konten halaman lintaskarawang.com