Tagana Kabupaten Garut Evakuasi 8 Rumah Tergusur Banjir Bandang Di Kecamatan Cikajang

Tagana Kabupaten Garut Evakuasi 8 Rumah Tergusur Banjir Bandang Di Kecamatan Cikajang

Garut, Lintas_Karawang.Com – Akibat hujan yang sangat deras mengakibatkan banjir bandang di Kampung Papanggungan RT 03 RW 06 Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut kejadian sekitar pukul 12 :30 WIB.

Ketua Tagana Kabupaten Garut Sana Suntana setelah menerima perintah dari Kepala Dinas Sosial Kabupaten Garut Aji Sukarmadji, langsung memerintah kepada anggotanya yang kebetulan dekat dengan kawasan yang terdampak banjir tersebut.

Cacang Suroni, Anggota Tim Tagana Kabupaten Garut bersama anggota lainya yang kebetulan dekat dengan lokasi banjir bersama anggota lainya langsung bergerak ketempat banjir bandang.

Menurut Cacang di hubungi lewat Telepon seluler menyampaikan, saya mendapat perintah dari Ketua Tagana untuk segera melakukan evakuasi terhadap banjir bandang di kawasan Papanggungan Kecamatan Cikajang.

Lanjut Cacang, Banjir bandang yang terjadi di Kampung Papanggungan mengakibatkan 8 unit rumah terbawa erosi banjir bandang dan sekitar 11 keluarga atau yang di huni 39 jiwa, Rabu 23 Febuari 2022.

“Kejadian Banjir Bandang menurut warga setempat di akibatkan hujan deras, mulai sekira pukul 12;30 WIB sampai dengan pukul 14.30 WIB dan terjadi luapan air Cimanuk sehingga rumah yang berada di bantaran sungai tergusur, untungnya saat kejadian warga sekitar sigap menyelamatkan diri sehingga tidak ada korban jiwa,”ungkap Cacang.

Cacang menambahkan,” sampai saat ini warga yang rumahnya tergusur masih berada di tempat pengungsian yang sudah di sediakan oleh Tim Tagana dan Pemerintah setempat dan sebagian di evakusi ke Aula Desa Mekarsari.

 

Warga banyak kehilangan sarana tempat tidur dan pakaian apalagi makan jadi, saya harap untuk yang berkaitan dengan bencana untuk segera menyiapkan barang yang di butuhkan saat ini adalah berupa makanan, kasur, selimut dan pakaian,”ungkap Cacang.

“Dan unsur yg terlibat dalam upaya penanganan banjir bandang tersebut diantaranya dari Forkopimcam Pemdes,Tagana dan masyarakat.

Sampai saat ini tim TAGANA terus memantau situasi serta berkordinasi dengan pemerintah setempat dan juga menghimbau pada masyarakat apabila terdapat

kejadian serupa ataupun lainnya segera melapor ke pemerintahan setempat,” jelas Cacang.

Tim TAGANA INDONESIA baru bisa memberikan sebagian keperluan yang di butuhkan warga masyarakat yang langsung di berikan kepada perwakilan warga setempat yang terkena banjir.

Dan perwakilan Tim Tagana Indonesia yang terjun ke lapangan Triana Toni, Cacang dan Engkus.”Pungkas Cacang.( Abah TS).

error

Selamat Datang di Lintaskarawang.com ? Mohon di Share

RSS500
Follow by Email350
Facebook970
YouTube740
Instagram800
WhatsApp950
error: Dilarang mengcopy Paste !!!