Polres Karawang Tegas Larang Mobil Pick Up Angkut Orang

Polres Karawang Tegas Larang Mobil Pick Up Angkut Orang

Karawang, Lintas_Karawang.Com – Polres Karawang tegas melaksanakan larangan penggunaan mobil pick up untuk mengangkut orang di wilayah Kabupaten Karawang. Hal ini di lakukan untuk menghindari pelanggaran sekecil apapun, yang mengakibatkan kecelakaan.

Larangan penggunaan mobil pick up untuk mengangkut orang tersebut, tertuang dalam Pasal 137 ayat 4 UU LLAJ berbunyi mobil barang dilarang digunakan untuk angkut orang, kecuali:

(a) rasio kendaraan bermotor untuk angkutan orang, kondisi geografis dan prasarana jalan di provinsi/kabupaten/kota belum memadai.

(b) untuk pengerahan atau pelatihan TNI dan/atau Kepolisian RI.

(c) kepentingan lain berdasarkan pertimbangan Kepolisian RI dan/atau pemerintah daerah.

Karena sudah seharusnya mobil pick up di pergunakan untuk mengangkut barang dan bukan untuk mengangkut orang.

Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono melalui Kasat Lantas Polres Karawang AKP LD Habibi Ade Jama mengatakan, jadi harapannya memang agar tidak terjadi lagi hal-hal yang tidak di inginkan seperti Laka Lantas kemarin di Purwasari (15/5).

Karena sebagian korban kecelakaan di Purwasari adalah pengendara mobil pick up yang naik di bak belakang pick up itu, sehingga mengakibatkan meninggal dunia.

“Untuk larangan ini, sementara masih mensosialisaikan terkait larangan penggunaan angkutan barang digunakan untuk mengangkut orang,” katanya saat ditemui di kantor, Rabu (25/5/2022).

“Itu masih kami sosialisasikan, kemudian juga nanti pada hari Jumat, rencananya kita akan memanggil (pihak-red) dari organisasi odong-odong yang ada di Kabupaten Karawang dalam rangka mensosialisasikan larangan ini juga,” ujarnya.

“Karena mungkin mirip-mirip dengan mobil pick up, kita sosialisasikan juga untuk tidak dijadikan angkutan orang, khususnya ke jalan raya maupun jalan umum, karena tidak tertulis dalam aturan layak trayek nya,” tuturnya.

AKP LD Habibi menegaskan, angkutan odong-odong khusus di tempat wisata, bukan di jalan raya ataupun jalur utama apalagi sampai mengangkut penumpang, jadi tidak boleh mengambil keuntungan dari situ. (Rls/Red)

error

Selamat Datang di Lintaskarawang.com ? Mohon di Share

RSS500
Follow by Email350
Facebook970
YouTube740
Instagram800
WhatsApp950
error: Dilarang mengcopy Paste !!!