Dewan Pendidikan kabupaten Karawang Sosialisasi Peningkatan kapasitas Komite dan Kepala Sekolah Dasar Negeri

Dewan Pendidikan kabupaten Karawang Sosialisasi Peningkatan kapasitas Komite dan Kepala Sekolah Dasar Negeri

Saat sosialisasi Dewan pendidikan kepada para kepala sekolah dasar dan komite
Saat sosialisasi Dewan pendidikan kepada para kepala sekolah dasar dan komite (Lintaskarawang.com)

Karawang, Lintaskarawang.com – Dewan pendidikan Karawang menggelar sosialisasi peningkatan kapasitas komite dan kepala sekolah dasar negeri kabupaten Karawang pada Selasa (9/8/2022). Bertempat di aula kantor PGRI Kabupaten Karawang. Acara dibuka oleh kepala dinas Pendidikan pemuda dan olah raga Asep Junaedi.

Dalam acara tersebut dihadiri Ketua Dewan pendidikan Drs H. yan zuwarsyah beserta staf jajaran. para komite dan Kepala Sekolah Dasar Negeri Se- Kabupaten Karawang dengan tiap perwakilan.

Mewakili Dewan pendidikan H. Ono Supriatno, S.pd. selaku Sekretaris Dewan pendidikan kabupaten Karawang menjabarkan poin poin penting sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 75 Tahun 2016 tentang Komite Sekolah. Melalui Permendikbud tersebut, diharapkan Komite Sekolah dapat memaksimalkan perannya dalam peningkatkan mutu sekolah dengan menerapkan prinsip gotong royong, baik dalam penggalangan dana, maupun pengawasan penyelenggaraan pendidikan di satuan pendidikan.

H. Ono pun menegaskan bahwa tugas Komite Sekolah bukan hanya melakukan penggalangan dana. Ia memaparkan, di dalam Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 dijelaskan aturan mengenai kriteria pemilihan anggota Komite Sekolah, serta tugas dan fungsi Komite Sekolah.

“Tugas Komite Sekolah bukan hanya menggalang dana. Komite Sekolah membantu sekolah merancang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) atau Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS). Komite Sekolah juga melakukan pengawasan pelayanan pendidikan dan menindaklanjuti keluhan, saran, kritik, dan aspirasi dari peserta didik, orang tua/wali, dan masyarakat,” ungkapnya.

(Red).

error

Selamat Datang di Lintaskarawang.com ? Mohon di Share

RSS500
Follow by Email350
Facebook970
YouTube740
Instagram800
WhatsApp950
error: Dilarang mengcopy Paste !!!