16 Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Asal Kabupaten Garut Di Lepas Wabub Garut Helmi Budiman

16 Peserta Jambore Nasional XI Tahun 2022 Asal Kabupaten Garut Di Lepas Wabub Garut Helmi Budiman

Foto bersama tim Jambore Nasional XI Cibubur 2022 asal Kabupaten Garut
Foto bersama tim Jambore Nasional XI Cibubur 2022 asal Kabupaten Garut

Garut, Lintaskarawang.com – Wakil Bupati Garut, juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman melepas tim Jambore Nasional XI Cibubur 2022 asal Kabupaten Garut di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Wabup Garut Hemi Budiman, mengatakan, Jambore Nasional ini bisa dilaksanakan kembali di tahun ini, setelah dua tahun tidak diselenggarakan karena wabah Covid-19. Tahun ini peserta asal Kabupaten Garut siap mengikuti Jambore Nasional Xi di Bumi Perkemahan Cibubur. Kamis 11 Agustus 2022.

“Alhamdulillah pesertanya kita sudah siap ya, putra maupun putri, dan tentu ini merupakan aset kita aset Kabupaten Garut, ya mudah-mudahan ini pramuka ini menjadi pemimpin Kabupaten Garut,” kata Wabup Garut.

Ia menjelaskan, pihaknya mengirimkan dua tim dari 14 kwarran yang terdiri dari 8 peserta putra, dan 8 peserta putri, serta telah diseleksi secara ketat.

Ia berharap, ke depannya pramuka bisa kembali menjadi gerakan massal mulai dari anak SD, SMP, sampai dengan SMA, karena Pramuka ini bisa menjadi bekal ketika nanti sudah dewasa, saat berumah tangga, maupun sudah bekerja.

“Saya kira kita tidak akan sulit ketika Pramuka, ya itu semua masyarakat ikut Pramuka, sehingga kita tinggal milih saja nanti yang masuk yang menjadi PNS, menjadi pemimpin, menjadi pedagang dan sebagainya kan harus ada bekal,” ucapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, Usep Basuki Eko, selaku Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Garut , menambahkan sangat mengapresiasi Gerakan Pramuka khususnya Kwarcab Kabupaten Garut yang telah mengirimkan peserta untuk berpartisipasi dalam perhelatan Jambore Nasional Tahun 2022.

“Ini adalah anak-anak calon pimpinan masa depan, ini generasi muda. Ini walaupun usianya belum masuk kepemuda karena pemuda itu usia 18-30, tapi mereka adalah calon-calon pemuda harapan kita semua,” ucap Eko.

Eko menyampaikan, Jambore Nasional ini biasanya dilaksanakan selama satu minggu dan akan dibuka langsung Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo di Cibubur.

“Mereka akan di berikan pengalaman-pengalaman kepramukaan disana, pelatihan juga,terus kegiatan-kegiatan tentu saja yang mendukung untuk persiapan mereka selaku pemuda harapan bangsa,” katanya.

Ia berharap, para peserta Jambore Nasional asal Kabupaten Garut ini bisa menjadi kebanggaan, khususnya kebanggaan bagi Kabupaten Garut.

Sementara itu, salah seorang peserta Jambore Nasional asal Kabupaten Garut, Eki Azka Maulana (15) dari Kwarran Sukaresmi Pangkalan SMP Plus Rasana Rasyidah merasa sangat senang mengikuti jambore ini, sebelumnya ia telah aktif mengikuti Pramuka sejak kelas 4 SD.

“InsyaAllah banyak (persiapan) dari mulai fisik, mental, sama ketegasan, sama lugas itu. Ya buat teman-teman sampai berjumpa di sana, kita akan menambah wawasan, terus pengetahuan, juga pertemanan,” tandasnya.***

Jurnalis : Tono/Tata.

error

Selamat Datang di Lintaskarawang.com ? Mohon di Share

RSS500
Follow by Email350
Facebook970
YouTube740
Instagram800
WhatsApp950
error: Dilarang mengcopy Paste !!!